Monday, August 26, 2013

Sebuah sugesti

Dulu, ketika saya mesih kecil saya sering sekali mengatakan kepada diri saya "tidak apa-apa, tidak apa-apa semua baik-baik saja." Ya, huwala,, semuanya baik-baik saja. Barangkali ada yang bilang kepada saya kalau saya beruntung. Padahal tidak, sugesti sayalah yang membuatnya seperti itu.

Sugesti sama dengan meyakinkan diri kita dengan apa yang kita ucapkan. Dalam sholat contohnya ;
Secara tidak langsung sholat menyugesti kita untuk melakukan apa yang kita mohon dalam do'a. Tuhan dalam hal ini berperan sebagai pemberi peluang. Dalam firmanNya pun Tuhan menegaskan bahwa "Dia akan mengubah nasib suatu kaum kalau kaum itu menghendaki" dan sebaliknya.

Sholat, berdo'a, sembahyang atau apapun kegiatan menyembah Tuhan lainnya merupakan sugesti tak langsung yang kita lakukan.
Kegiatan yang berulang-ulang dan berkontiniu. Semakin kita rajin melakukan kegiatan tersebut dan memahami setiap kata yang kita ucapkan. Disanalah sugesti itu akan bekerja.

Jadi, jangan heran jika ada orang yang sudah melakukan sholat, berdoa dan lain sebagainya masih melakukan hal yang dilarang. Ini lantaran karena apa yang dikatakannya tak dipahaminya dan apa yang disugestinya tidak di ikutu oleh hati dan pemikirannya.

Sekian.

0 comments:

Post a Comment